Ribuan pekerja rekanan Freeport ancam mogok

sekitar 1.200 pekerja selama tiga perusahaan kontraktor pt freeport indonesia, yaitu pt jasti pravita, pt osato seike serta pt srikandi mitra karya, mengancam hendak mogok kerja selama sebulan terhitung mulai selasa (30/4) pukul 06.00 wit sampai 31 mei 2013.

ancaman mogok pekerja tiga perusahaan tersebut disampaikan dengan pimpinan unit kerja (puk) sp-kep spsi masing-masing perusahaan kepada wartawan di timika, senin.

ketua puk sp-kep spsi pt jasti pravita irwanto hassan menyatakan alasan utama pekerja menggarap penampilan mogok sebab manajemen pt jasti pravita, pt osato seike dan pt srikandi mitra karya tidak mau menerapkan keputusan gubernur papua nomor 192 tahun kemarin perihal upah minimun sektoral kabupaten (umsk).

sesuai keputusan gubernur papua yang berlaku terjamin sejak 1 januari 2013, upms dan mesti dibayarkan dengan perusahaan terhadap pekerja melalui basis gaji terendah sebesar rp11.850 per merek serta sekitar rp2.050.000 supaya 173 jam kerja. namun tiga perusahaan tersebut hingga ketika ini baru memberikan gaji kepada pekerja melalui basis terendah sebesar rp7.874 per merek.

Informasi Lainnya:

kesenjangan ini telah berlangsung puluhan tahun. ada rekan-rekan kami yang sudah bekerja belasan tahun melayani upah tidak pas melalui standar umsk dan ditetapkan pemerintah. di ini terjadi eksploitasi besar-besaran pada pekerja, papar irwanto.

para pekerja masih menjalankan diri untuk berdialog melalui manajemen ke tiga perusahaan dan pihak-pihak tenntang lainnya agar penampilan mogok kerja tak jadi diselenggarakan. tapi puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan tersebut menegaskan kiranya aksi mogok kerja bisa dibatalkan bila masing-masing perusahaan konsekuen menerapkan sk gubernur papua nomor 192 tahun lalu tentang umsk.

kami baru membuka diri pada pihak manajemen perusahaan. sampai saat ini kami baru tetap menanti juga menginginkan adanya titik temu. sk gubernur papua adalah acuan kami, kata irwanto.

irwanto juga rekan-rekannya berkomitmen bila tidak banyak titik temu pembicaraan dengan bagian manajemen ke tiga perusahaan maka mulai selasa (30/4), berbagai pekerja ke tiga perusahaan itu dan selama ini berusaha dalam area kerja pt freeport indonesia mulai daripada tembagapura hingga pelabuhan portsite amamapare akan bergerak menurun ke timika.

selama berlangsungnya penampilan mogok, pekerja hendak berkonsentrasi pada kantor sekretariat puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan dalam jalan perjuangan timika indah. seterusnya, para pekerja akan menyusun rencana selanjutnya supaya mengerjakan aksi demonstrasi ke kantor disnakertrans juga kantor dprd mimika kalau yang dituntut mereka belum dijawab oleh pihak-pihak mengenai.

ketua puk sp-kep spsi pt osato seike umar djabu menegaskan manakala tak banyak titik temu pembicaraan melalui pihak manajemen perusahaan sampai senin malam pukul 24.00 wit dengan begini aksi mogok kerja 1.200 pekerja tiga perusahaan maka diselenggarakan mulai selasa (30/4).

umar menegaskan, mogok kerja dan dilaksanakan tersebut sah untuk memperjuangkan tegaknya agama pemerintah. sejak februari hingga saat ini, katanya, puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan telah 11 kali mengerjakan pertemuan melalui manajemen perusahaan tiap-tiap tapi tidak mendapatkan Jalan keluar.

sedangkan ketua puk sp-kep spsi pt srikandi mitra karya, karter anuar aritonang mempertanyakan kinerja dinas tenaga kerja serta transmigrasi mimika yang tidak becus melakukan pengawasan terhadap ditermpakannya sk gubernur papua tentang umsk juga tak pernah menindak tegas perusahaan-perusahaan dan mengabaikan keputusan pemerintah itu.

ada eksploitasi besar-besaran tenaga kerja pada timika supaya kepentingan segelintir pihak. ada rekan kami dan berusaha belasan tahun namun berstatus pekerja harian. saat cuti tidak dibayar, saat sakit tak dibayar. mengapa pemerintah tak menindak perusahaan-perusahaan ini, dan apakah freeport tak kenal tetapi kami bekerja di area kerja pt freeport, tanya aritonang.