Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan bahwa putaran kesepuluh pembahasan antara iran dan iaea mau diselenggarakan selama 15 mei dalam wina.

iran serta iaea sudah bertemu dalam sembilan putaran pembicaraan dari akhir 2011. pertemuan terakhir mereka diadakan dalam ibu kota iran, teheran, selama pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembahasan, deputi direktur jenderal iaea juga kepala departemen perlindungan herman neckaerts menyatakan, kedua pihak tidak bisa mencapai kesepakatan perihal modalitas akan tetapi iaea berkomitmen agar meneruskan pembahasan.

iran dan iaea telah membahas lebih daripada Salah satu tahun supaya membeli modalitas untuk mengajarkan apa iran mesti menjawab pertanyaan iaea perihal isu kemungkinan dimensi militer (pmd) daripada program nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel serta beberapa sekutunya menuduh iran sudah salah mengejar tujuan non-sipil pada website energi nuklirnya.

iran secara tegas menolak tuduhan tersebut, melalui alasan bahwa dibuat komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi serta anggota iaea, dia berhak agar mencari teknologi nuklir untuk objek wisata damai.

selain itu, iaea telah menggarap semua inspeksi fasilitas nuklir iran, akan tetapi tidak pernah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa web energi nuklir teheran sudah dialihkan ke arah objek wisata militer, demikian laporan irna.