Iran: Korut dipaksa berkonfrontasi dengan AS

korea utara tak punya pilihan selain berkonfrontasi dengan amerika serikat, yang semestinya disalahkan atas ketegangan selama semenanjung korea, kata betul jenderal iran.

ketegangan dalam wilayah itu akibatkan dengan desakan amerika serikat... dan pengetatan sanksi terhadap korut, tutur wakil kepala staf angkatan darat iran, brigjen masoud jazayeri, semisal dikutip kantor berita fars, jumat.

sebagai akibatnya, pemerintah korut tidak punya produk disamping mengonfrontasi penampilan amerika serikat, ujarnya.

jazayeri juga menyalahkan kelompok pemicu perang pada amerika serikat atas meningkatnya ketegangan tersebut.

Informasi Lainnya:

pyongyang, yang marah akibat sederat sanksi perserikatan bangsa bangsa juga gelaran pelatihan militer bersama as-korsel, telah menganggarkan serangkaian ancaman perang nuklir terbuka pada beberapa pekan terakhir.

puncak ketegangan tersebut terjadi saat kantor berita yonhap, yang mengutip pejabat pemerintah korsel, menyatakan korut sudah menyiapkan rudal jarak menengahnya pada perangkat peluncur bergerak dan menyembunyikannya di fasilitas bawah tanah gampat ditempuh pantai timur mereka.

jazayeri mendukung korut selama memanasnya suhu dalam semenanjung korea tersebut melalui menyebut negara independen semisal korut tak sejalan melalui model petualangan amerika serikat

dia dan mengeritik pbb yang dianggap telah terpengaruh oleh amerika serikat serta membiarkan ketegangan menyebar selama kawasan tersebut.

ketegangan di semenanjung korea sudah meningkat dari desember, ketika korut memulai peluncuran roket jarak jauhnya.

jazayeri memberi selamat terhadap pyongyang atas peluncuran itu, ternyata iran pada februari menyerukan pemusnahan semua senjata atom dalam dunia setelah korea utara mengumumkan percobaan nuklir terbesar mereka.

kita mesti berada selama sebuah kondisi dalam mana tidak ada negara dan mungkin mempunyai senjata nuklir dan senjata pemusnah massal dan senjata nuklir harus dihancurkan, tutur jubir kemenlu iran, rahmin mehmanparast, dalam saat tersebut.

pyongyang juga teheran mempunyai hubungan menarik dari revolusi islam 1979. kedua negara itu melayani sanksi dewan keamanan pbb atas situs rudal balistik juga pengayaan nuklir.

sebuah catatan sanksi pbb selama 2011 menyebutkan kiranya teheran serta pyongyang diduga beritahukan teknologi rudal balistik, tetapi tak banyak konfirmasi terpercaya daripada kedua negara itu sampai saat ini, demikian afp.