Indonesia diharapkan sampaikan pesan terang ke Korea Utara

duta sulit korea selatan untuk indonesia, kim young-sun, menyampaikan, indonesia mampu mengikuti peran konstruktif meredam ketegangan di semenanjung korea dan intensitasnya terus meningkat pilihan masa terakhir.

saya harapkan indonesia dapat memainkan peran konstruktif untuk mempererat hubungan antar dua negara korea, mengingat indonesia memiliki hubungan baik bersama korea utara dan korea selatan, papar kim, di jakarta, jumat.

menurut kim, indonesia amat bersesuaian memainkan peran konstruktif itu mengingat pengalaman dan cukup kuat dalam menengahi dan ikut membantu penyelesaian semua konflik pada kawasan asia-pasifik.

indonesia merupakan salah Satu negara pemimpin kawasan ini (asia tenggara), dengan demikian peran konstruktif merupakan peran dan tepat, ujar dia.

Informasi Lainnya:

sebagai ilustrasi, indonesia pernah sukses memfasilitasi proses rekonsiliasi faksi-faksi bertikai di kamboja dengan forum jakarta informal forum i serta ii. inisiatif indonesia selama masa orde masih itu masih merupakan acuan terhadap ada negara di dunia.

dari pihak historis, presiden soekarno berteman baik dengan pemimpin korea utara (saat itu), kim il-sung. puterinya, megawati sekarnoputri, dan kemudian dan adalah presiden indonesia, serta melewati waktu kebaikan hubungan baik kedua negara itu, bersama putera kim senior, kim jong-il.

bahkan, soekarno memberi kejutan sekaligus kenangan pertalian hubungan bagus kedua negara tersebut pada kim senior melalui bunga anggrek dendrobium silangan khusus, yang diberi nama dendrobium kim il-sungia. bunga supaya kakek pemimpin waktu sekarang korea utara, kim jong-un, itu mudah dijumpai sampai kini.

duta besar kim menunjukan, indonesia usah mengirimkan pesan perdamaian yang terang kepada korea utara untuk memenuhi koordinasi melalui komunitas dunia internasional. aku yakin penanaman kepercayaan antar kedua korea yang merupakan kunci menuju penghentian ketegangan perlu mendapat sokongan dari dunia internasional.

kim menyebutkan selama sedang sorotan juga seluruh peringatan daripada dunia internasional, korut tetap meluncurkan senjata hulu ledak jarak jauh dalam 12 desember kemarin dan melangsungkan percobaan nuklir selama 12 februari 2013.

korut juga belakangan berkali-kali berupaya memperbaiki ketegangan selama semenanjung korea dengan serangkaian pernyataan provokatif, ujarnya.

menurut dia, serangkaian retorika berperang daripada pyongyang memiliki dua lokasi utama, yaitu agar meningkatkan soliditas dan kepercayaan kekuatan di negeri, juga untuk mendesak dunia internasional melayani korut dijadikan salah Satu negara nuklir.

pemerintah korsel dalam dasarnya menginginkan ada perubahan hubungan diantara kedua negara korea dari saling curiga juga penuh konfrontasi menjadi kedamaian berbasis kepercayaan.

meski demikian, dubes kim menegaskan pemerintahnya tak hendak terserah diam bila bagian korut mengerjakan provokasi yang telah dianggap berlebihan.

kami mau siap merespon provokasi yang lebih lanjut dari utara juga tetap beriringan bersama dunia internasional supaya mengingatkan mereka (korut) untuk melupakan ambisi mereka menguasai senjata nuklir dan menjadi anggota yang bertanggung jawab dalam hubungan global, kata kim.